Penyebab dan Cara Mengobati Perut Kembung Pada Bayi

mengobati perut kembung

Perut kembung seringkali terdengar seperti masalah yang sepele. Orang dewasa biasa mengobati perut kembung dengan meminum air hangat atau mengoleskan minyak hangat di bagian perut yang terasa tidak nyaman dan bagian punggung. Biasanya angin yang menyebabkan perut kembung akan keluar dengan sendirinya melalui sendawa.

Namun tentu saja tidak demikian halnya jika perut kembung terjadi dengan bayi. Bayi akan menjadi rewel ketika perutnya rewel dan membuat para ibu kebingungan. Cara mengatasi perut kembung pada bayi juga tak bisa disamakan dengan mengobati perut kembung pada orang dewasa.

Sebelumnya, Anda sebagai ibu perlu memahami bahwa perut kembung memang hal yang lazim terjadi pada bayi. Hal ini disebabkan karena banyaknya peluang angin masuk ke tubuh bayi melalui aktifitas aktifitas yang rutin dilakukan. Aktifitas rutin bayi yang memungkinkan masuknya angin ke dalam tubuh antara lain adalah menyusu dan menangis.

Menyusu dapat menyebabkan perut kembung karena saat mengisap susu selalu ada kemungkinan ada angin yang turut terhisap dan masuk ke dalam tubuh. Kemungkinan ini bisa bertambah besar apabila cara menyusui yang dilakukan kurang tepat.

Menangis juga bisa menyebabkan perut kembung karena ketika menangis mulut bayi cenderung terbuka. Semakin lama bayi menangis maka semakin besar pula kemungkinan bayi tersebut mengalami masalah perut kembung. Perut kembung biasanya bisa terdeteksi dari ukuran perut yang sedikit bertambah besar dan terasa keras ketika ditekan.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Sebetulnya para orang tua tak perlu terlalu khawatir jika bayi mengalami perut kembung. Namun bukan berarti masalah perut kembung ini tak perlu segera diatasi karena dapat menyebabkan bayi menjadi rewel, tak nafsu makan dan tidurnya tidak nyenyak. Cara mengatasi perut kembung pada bayi antara lain adalah:

  1. Perbaiki Posisi Menyusu
Baca Juga :  Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Mom Ketahui

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, posisi menyusu yang kurang tepat dapat membuat bayi mengalami perut kembung. Cara menyusu yang tepat ialah memposisikan kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Posisi kepala juga sebaiknya dibuat agak tegak layaknya orang duduk. Posisi ini akan memastikan cairan yang diminum bayi langsung turun dan mengisi perutnya. Jika perut sudah terisi maka secara otomatis angin yang ada akan terdorong naik dan keluar.

  1. Bantu Bayi Bersendawa

Sebagaimana pada orang dewasa, perut kembung pada bayi juga akan terasa merada jika sudah bersendawa. Namun cara membuat bayi bersendawa tentu saja berbeda dengna orang dewasa. Agar bayi lekas bersendawa, gendong ia dalam posisi tegak atau sandarkan ke pundak. Setelah itu goyang goyangkan bayi secara perlahan, hal ini akan mengguncang udara yang ada di dalam perut bayi hingga tak lama kemudian keluar dalam bentuk sendawa.

  1. Lakukan Pijatan Lembut

Perut kembung pada bayi juga dapat mereda dengan cara memberinya pijatan lembut. Lakukan pijatan lembut membentuk putaran searah jarum jam di sekitar perut bayi. Selain itu pijatan yang sama juga bisa dilakukan di area punggung ketika bayi ada di posisi tengkurap. Lakukan pijatan ini perlahan lahan hingga perut kembung pada bayi mereda.

Selain cara cara di atas banyak cara lainnya yang dapat membantu orang tua mengobati perut kembung pada bayinya dengan mudah dan cepat.

Saat ini para orang tua juga dapat dengan mudah menemukan produk khusus bayi yang dapat membantu meringankan gejala perut kembung pada bayi, konsultasikanlah dengan dokter anak kepercayaan.

Leave a Reply