Tanpa Perlu Digendong, Cara Ini Akan Mengatasi Susah Tidur Pada Bayi

mengatasi susah tidur

baKalau orang dewasa susah tidur dan terkena insomnia, itu sih biasa. Mungkin Anda juga jadi lebih produkti f karena bisa mengerjakan lebih banyak hal di saat yang lain sedang terlelap. Tapi kalau hal ini terjadi pada bayi, wah bisa jadi ia akan rewel seharian dan susah ditenangkan. Bayi memang membutuhkan waktu tidur yang cukup banyak setiap harinya. Lalu apa jadinya jika jam tidur tersebut tidak terpenuhi? Tentu saja tubuhnya jadi terlalu lelah dan pertumbuhannya tidak akan berjalan dengan baik.

Mengatasi susah tidur pada bayi memang cukup tricky. Banyak orang beranggapan bayi susah tidur maka harus digendong hingga terlelap. Padahal hal ini tidak sepenuhnya benar, sebab nantinya hal tersebut akan menjadi kebiasaan dan membuat si kecil harus selalu digendong sebelum waktunya tidur. Lalu bagaimana cara untuk menidurkan bayi tanpa perlu menggendongnya? Berikut informasinya:

Hindari kontak mata dengan bayi

Saat masuk waktunya jam tidur, letakkan bayi di kasurnya kemudian biarkan ia terlelap. Umumnya bayi akan bisa tidur dengan cepat jika memang sudah waktunya. Tapi banyak juga bayi yang bandel dan malah memperhatikan hal-hal yang ada di sekitarnya. Nah, Anda disarankan untuk tidak membuat kontak mata dengan bayi untuk menghindari mereka tetap terjaga. Anda bisa pura-pura berbaring di sebelah si keci dan ikut menutup mata. Kalau orang-orang yang ada di sekitarnya tidak beraktivitas, maka ia pun akan lebih mudah untuk tertidur.

Putar suara  yang menenangkan

Bayi mungkin akan susah tidur saat di sekitarnya ada terlalu banyak suara, misalnya saja dari orang bercakap-cakap maupun berasal dari musik yang diputar. Untuk membuat bayi tidur lebih cepat, Anda bisa memutarkan musik ritimis berulang. Atau hal ini juga bisa dilakukan dengan mudah oleh Anda sendiri, misalnya dengan menghasilkan suara seperti mendesis dan melakukannya secara berulang. Bayi sudah terbiasa dengan suara mendesis tersebut saat berada di dalam rahim ibu, jadi ia akan lebih mudah tertidur jika mendengar suara serupa.

Baca Juga :  Bayi Susah Tidur Di Malam Hari, Ketahui Beberapa Penyebabnya

Bungkus dengan selimut

mengatasi susah tidur

Membedong bayi dengan rapat memang sangat dilarang dalam dunia medis, sebab hal tersebut malah bisa mengganggu tumbuh kembang tulang bayi. Tapi kalau sekedar membungkus tubuhnya supaya ia merasa nyaman, hal tersebut sangat diperbolehkan. Bayi baru lahir memiliki reflek kejut yang sering membuat tubuhnya tersentak tak sengaja. Nah, dengan membungkus tubuhnya menggunakan selimut, refleks kejut ini bisa diminimalisir sehingga tak sampai menjadikan bayi susah tidur. Untuk pembungkusnya, pastikan Anda memilih selimut yang tidak terlalu tebal dan berbahan lembut sehingga nyaman saat menempel di kulit si kecil tersayang.

Tepuk lembut pantatnya

Hal ini mungkin terkesan sangat sepele, tapi tepukan lembut di pantat bayi memang bisa membuatnya tidur lebih nyenyak. Tepukan semacam ini akan memberikan rasa nyaman pada bayi dan juga menjadi penanda bahwa ia tidak sendirian. Tapi salah satu sisi buruk dari cara ini adalah bayi biasanya akan ketagihan dan selalu minta ditepuk pantatnya baru bisa tidur dengan nyenyak. Namun di usia 2 tahunan, biasanya kebiasaan ini juga akan berhenti dengan sendirinya.

Nah, jadi kini Anda tak perlu khawatir lagi saat si kecil susah tidur. Sebab ada berbagai cara terbaik untuk membuatnya terlelap kembali tanpa perlu menggendongnya.

Leave a Reply