Makanan Bayi 6 Bulan yang Patut Anda Ketahui

makanan bayi 6 bulan

Sebagai orang tua yang abik, tentunya perlu memperhatiakn mengenai makanan apa yang dikonsumsi oleh buah hati anda. Setelah anda memeberikan asi eksklusif pada buah hati anda, ada baiknya untuk memberikan makanan pendamping asi tersebut. makanan pendamping ini biasa disebut sebagai mpasi (makanan pendamping asi). Mpasi merupakan makanan bayi 6 bulan ke atas. Hal ini dikarenakan asi eksklusif disarankan untuk diberikan kepada bayi yang abru lahir sampai usia 6 bulan. Makanan pendamping asi ini penting untuk memberikan nutrisi tambahan kepada buah hati anda setelah mendapatkan asi eksklusif selama 6 bulan. Dari sekian jenis makanan pendamping asi, terdapat satu jenis makanan pendamping asi yang praktis untuk diberikan kepada buah hati anda. Makanan pendamping asi tersebut adalah biskuit bayi milna.  Mengapa makanan pendamping asi berupa biskuit ini direkomendasikan kepada anda ? luangkan sedikit waktu anda dan simak sedikit ulasan dari kami mengenai hal tersebut.

Kapan sebaiknya biskuit ini diberikan sebagai mpasi

Ada beragam jenis mpasi yang dikenal di indonesia. Pada usia bayi mencapai 6 bulan jenis mpasi yang paling disarankan adalah makanan yang dihaluskan. Namun secara spesifik jenis makanan yang disarankan adalah berupa sayur dan buah seperti kentang, apel, pisang, alpukat, atau melon. Sebenarnya anda juga bisa memberikan makanan berupa bubur atau nasi yang dihaluskan. Ketika si buah hati anda sudah terbiasa dengan buah dan sayur, anda dapat memberikan jenis makanan lain berupa daging, roti, atau telur, namun harus diingat bahwa pada usia ini makanan yang diberikan haruslah dihaluskan. Pada usia menginjak 8 – 9 bulan, bayi sudah makan 3 kali sehari. Selain makanan yang dihaluskan, pada usia ini anda bisa mulai memperkenalkan makanan padat yang dipotong-potong memanjang seukuran dengan jari deawa (finger foods). Sayuran yang biasa digunakan sebagai finger foods antara lain adalah wortel, buncis, dan kentang yang telah dimasak sampai lunak. Pada usia mencapai 12 bulan kegiatan makan makanan pendamping ini sudah bisa dilakukan secara rutin per hari. Anda bisa mengaplikasikan kombinasi 3 – 4 porsi nasi, kentang, dan roti. Anda juga bisa menggunakan kombinasi berupa 3 – 4 porsi sayur dan buah potong. Terakhir kombinasi yang bisa anda gunakan dalam memberikan mpasi pada bayi usia ini adalah 2 porsi ikan, telur, atau daging. Nah dari sekian banyak jenis makanan yang diberikan sesuai usai bayi anda, biskuit bayi bisa anda berikan sejak bayi telah berusia 6 bulan. Hal ini dengan catatan biskuit yang anda berikan harus dicampur dengan air agar halus. Pastikan anda tetap menjaga keberagaman makanan pendamping ASI yang anda berikan kepada buah hati anda. Hindari makanan yang berupa satu jenis saja, karena dengan seperti itu nutrisi yang diterima buah hati anda tidak akan bervariasi.

Baca Juga :  Tes Kehamilan yang Akurat dan Tahapan Perkembangan Janin

Kombinasi kelebihan biskuit membuatnya diminati sebagai mpasi

Akan jauh lebih praktis dan terjamin hegenitasnya apabila anda memberikan makanan pendamping asi berupa biskuit bayi milna. Selain nutrisi yang terkandung dalam biskuit itu telah lengkap, penyajian, dan penyimpanannya pun mudah. Anda juga tidak perlu khawatir makanan ini akan busuk. Kelebihan lainnya adalah biskuit ini bisa anda berikan sebagai makanan bayi 6 bulan setelah lahir. Kombinasi antara praktis, gizi lengkap, dan penyajian yang mudah membuat biskuit bayi sangat diminati di indonesia. Jadi mom, tunggu apa lagi, berikan makanan pendamping asi kepada buah hati anda dengan biskuit bayi.

Leave a Reply