Cara Menyusui Bayi yang Benar Meskipun Payudara Lecet

cara menyusui bayi

seindah-indahnya payudara wanita, rasanya tidak mungkin jika payudara akan tetap mulus ketika menyusui. Ini karena, bayi akan cenderung lebih suka menyusu langsung dari payudara dibandingkan dengan menggunakan botol.

Hal inilah yang sering kali menjadikan puting payudara lecet karena tergesek-gesek mulut dan lidah bayi. Nah, saat puting ini lecet dan menyusui tetap dilakukan, maka Anda akan merasakan nikmat sakit menyusui yang teramat sakit.

Jika hal ini diteruskan saja, maka Anda akan merasa kesakitan. Oleh sebab itu, Anda butuh cara menyusui bayi yang benar meskipun pada saat puting lecet.

Cara Menyusui Bayi yang Benar Saat Puting Lecet

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menyusui yang bisa dilakukan meskipun Anda sedang mengalami puting lecet. Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Lakukan Menyusui di Tempat Tidur

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menyusui bayi di tempat tidur. Hal ini bertujuan agar posisi Anda dan bayi lebih nyaman. Gunakan bantal di area leher dan kepala agar bayi lebih nyaman saat menyusu. Dengan demikian, besar kemungkinan bayi akan menarik puting sehingga rasa nyeri lecet bisa dihindari.

  • Menyusui Dengan Menggunakan Satu Payudara

Normalnya, seorang ibu menyusui bayinya dengan menggunakan dua payudara secara bergantian. Namun, jika salah satu diantara payudara tersebut mengalami lecet puting, ada baiknya jika pemberian ASI dilakukan dengan menggunakan satu payudara saja.

Sementara untuk payudara yang putingnya lecet, ASInya bisa dipompa dengan menggunakan pompa ASI. Hal ini bertujuan agar payudara tidak mengalami pembengkakan serta ASI pada payudara yang lecet tidak terbuang si-sia. Nah, untuk hasil ASI yang dipompa ini bisa disimpan pada kulkas dan diberikan pada bayi dengan menggunakan botol.  

  • Membuat Jadwal Menyusui Bayi

Sebagai ibu yang baik, Anda juga harus memperhatikan jam lapar si buah hati. Hal ini penting terutama jika Anda sedang mengalami lecet puting. Sebab, saat puting lecet dan proses menyusui ditunda, maka hal ini akan semakin memperparah kelecetan saja.

Mengapa? Saat bayi terlalu lapar, ia karena cenderung lebih kuat dalam menghisap puting. Oleh sebab itu, berikan ASI sesuai dengan jadwal menyusui si bayi. Jangan tunda pemberian Asi dan pastikan Anda mengolesi puting dengan ASI untuk mengurangi lecet yang terjadi saat menyusui.

  • Menggunakan Nipple Shield

Nah, untuk Anda yang memiliki permasalahan puting lecet, sepertinya menggunakan nipple shield bisa menjadi alternatif yang bisa digunakan. Nipple shield merupakan sebuah alat puting bantu yang menyerupai puting asli.

Namun, jika ingin menggunakan alat ini, Anda harus memilih alat yang tepat. Sebab, tekstur dari si nipple shield akan cenderung berbeda dengan pusing yang asli, sehingga kadang bayi membutuhkan adaptasi terlebih dahulu saat menyusu. Selain itu, Anda juga perlu mengkonsultasikannya dengan dokter, ahli gizi, serta bidan sebelum melakukannya.

  • Memeriksa Kondisi Lidah Si Bayi

Saat Anda menyusui, coba deh periksa lidah bayi siapa tahu bayi mengalami tongue tie. Tongue tie merupakan sebuah kelainan selaput lidah bagian bawah.

Adanya kelainan ini dapat membatasi pergerakan lidah sehingga saat menyusu bayi hanya bisa mencakup bagian puting secara tidak kuat. Jika bayi mengalami hal yang demikian, Anda bisa langsung bisa mengatasinya dengan memeriksakannya ke dokter.

Pastikan Anda menggunakan 5 cara ini jika ingin menyusui terutama saat puting lecet salah satunya dengan memanfaatkan pompa asi. 

Baca Juga :  Penyebab dan Cara Mengobati Perut Kembung Pada Bayi

Leave a Reply