Si Kecil Rewel Tiap Malam? Ini Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat

cara menidurkan bayi

Tentu rasanya bahagia sekali ya, saat akhirnya bisa menimang si kecil kesayangan. Selama 9 bulan, Anda dan suami sudah menanti kehadiran buah hati dan hanya bisa mengira-ngira seperti apa wajahnya. Jadi ketika bisa benar-benar mengamati wajah lucu si kecil, tentu semua kerja keras selama masa kehamilan serasa tak ada artinya. Tapi perjuangan Anda belum selesai. Setelah si kecil lahir, ada banyak PR yang juga harus dirampungkan, salah satunya menghadapi kerewelan buah hati.

Ya, bayi susah tidur adalah hal yang sudah pasti dialami oleh semua orang tua. Hal ini sebenarnya sangat wajar sebab buah hati memang masih dalam masa adaptasi sehingga ia akan sering terbangun di malam hari. Tapi kalau terus dibiarkan, tentu Anda yang akan kepayahan karena tak memiliki waktu untuk beristirahat. Nah, maka dari itu cobalah beberapa cara menidurkan bayi yang pasti ampuh berikut ini:

Buat suasana kamar lebih redup

Cara menidurkan bayi yang pertama adalah dengan membuat suasana kamar lebih redup. Itu artinya, Anda perlu mematikan lampu, televisi, atau sumber cahaya apapun yang ada di kamar. Dengan cahaya yang redup, maka bayi akan menjadi lebih rileks dan ia pun mudah untuk terlelap. Dengan cahaya yang terlalu terang, si kecil akan lebih mudah terjaga sehingga waktu istirahatnya akan terganggu. Lalau bagaimana dengan tidur siang? Anda bisa menggunakan tirai untuk menutup jendela kamar sehingga suasana pun menjadi lebih redup. Cara ini juga akan membiasakan bayi untuk langsung tertidur begitu ia berada di suasana redup. Secara tidak langsung, Anda juga sudah mengajarkan pergantian siang dan malam kepada si kecil.

Pastikan bayi dalam keadaan kenyang

cara menidurkan bayi

Kalau bayi susah tidur dan sering merengek sepanjang malam, bisa jadi dikarenakan perutnya lapar. Maka dari itu, penting sekali memastikan si kecil sudah cukup kenyang sebelum tidur. Cara terbaik tentu saja adalah dengan memberikan ASI yang cukup sampai dengan ia tertidur. Untuk bayi yang minum susu formula, Anda juga bisa memberikan sufor sesaat sebelum waktu tidurnya. Dengan perut yang kenyang, maka bayi akan langsung terlelap dan tak mudah terbangun. Biasanya, di tengah malam bayi akan kembali minta  minum namun ia pun akan langsung tertidur kembali saat perutnya terasa kenyang.

Baca Juga :  Hamil Muda? Ketahui Tanda-Tanda Hamil Muda Lebih Dini

Jangan pindah posisi tidurnya

Anda mungkin merasa kalau posisi tidur si kecil terlihat kurang nyaman sehingga ingin memindahnya. Wah, jangan salahkan kalau kemudian bayi terbangun dan menangis, kemudian susah untuk ditidurkan lagi. Saat buah hati tertidur dalam posisi tertentu, itu artinya ia menganggap posisi tersebut sudah sangat nyaman. Jadi tak perlu repot-repot memindahkannya karena hal tersebut justru akan membuatnya kaget dan tak bisa tidur kembali. Yang perlu diingat, pastikan untuk menghindarkan selimut atau bantal dari kasur bayi karena bisa secara tak sengaja menindihi wajahnya dan membuatnya kesulitan untuk bernapas.

Sesuaikan suhu ruangan

Anda mungkin menyadari kalau si kecil mudah sekali berkeringat terutama di bagian kepala. Hal ini memang wajar sebab bayi memiliki cadangan lemak yang sangat banyak sehingga mudah terbakar saat ia merasa panas sedikit saja. Nah, rasa gerah berlebih dengan kepala yang basah oleh keringat tentu membuat bayi kurang nyaman. Untuk itu, usahakan selalu mengatur suhu ruangan sehingga tetap sejuk dan nyaman.

Leave a Reply