Mau Melakukan Tes Kehamilan? Ikuti Cara Menggunakan Tespek Ini

cara menggunakan tespek

Pasangan suami istri mana yang tidak ingin segera diberikan momongan? Tentu saja setiap pasangan suami istri menginginkannya, terlebih bagi Anda pengantin baru. Nah, karena merupakan pengalaman pertama hamil, kadang para suami istri tidak sadar bahwa sudah hamil.

Oleh sebab itu, pentingnya mendeteksi kehamilan sejak dini sangatlah diperlukan. Hal ini bertujuan agar kesehatan ibu dan janin yang ada di kandungan bisa terjaga. Selain itu, kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dan wanita biasa juga berbeda.     

Salah satu cara tes kehamilan yang bisa digunakan oleh masyarakat adalah menggunakan tespek. Tespek merupakan sebuah alat uji kehamilan yang memiliki tingkat validitas hingga mencapai 99% saat digunakan.

Alat ini berfungsi untuk mendeteksi kehamilan melalui kadar hormon kehamilan human chorionic gonadroopin (HCG) yang terdapat pada urin wanita. Sebab, pada saat sel telur melalui menempel pada dinding rahim, maka pada waktu tersebut tubuh sudah memproduksi hCG  yang bisa dideteksi selama 14 hari pembuahan.

Cara Memilih Tespek

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan tes kehamilan dengan menggunakan tespek, ternyata dalam memilih tespek tidak boleh sembarangan. Pastikan bahwa tespek yang akan digunakan tidak kadaluwarsa.

Sebab, tespek yang kadaluwarsa dapat mengurangi tingkat keakuratannya saat digunakan. Selain itu, pilih juga tespek yang tidak membutuhkan hormon hCG yang besar. Sebab, tidak semua wanita yang hamil memproduksi hormon hCG dalam jumlah yang besar.

Kesalahan Umum Dalam Membaca Hasil Tes

Setelah tespek sudah didapatkan, maka untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, Anda harus menghindari beberapa hal di bawah ini.

  • Melakukan Tes Terlalu Cepat

Untuk mendeteksi kehamilan, Anda bisa menggunakan tespek seminggu setelah selesai haid seharusnya tiba. Ini karena, hCG akan diproduksi 7-14 hari setelah proses pembuahan.

  1. Terburu-Buru Dalam Membaca Hasil Tes

Kesalahan wanita adalah terlalu senang saat datang bulan telat, sehingga ia langsung melakukan tes kehamilan. Nah, dalam melakukan tes ini beberapa alat harus membuat Anda sabar menunggu hasilnya beberapa menit setelah digunakan.

  1. Terlalu Lama Dalam Membaca Hasil Tes

Kebanyakan wanita juga bosan menunggu hasil tespek, sehingga mereka lebih senang untuk meninggalnya dan melihatnya setelah beberapa waktu. Padahal, hal ini juga dapat mempengaruhi hasil dari tes iu sendiri.

  1. Tidak Melakukan Tes Pada Urin Pertama

Satu lagi kesalahan wanita adalah melakukan uji tespek tidak pada urin pertama setelah Anda bangun tidur. Padahal, hasil ini akan sangat dipengaruhi oleh urin pertama yang keluar. Sebab, urin pertama inilah yang mengandung hormon hCG paling tinggi.

Cara Menggunakan Tespek

Adapun cara memakai tespek bisa Anda dapatkan informasi selengkapnya. Namun, berikut ini akan dijelaskan secara singkat bagaimana cara memakai tespek yang benar.

  • Belilah tespek yang tidak kadaluwarsa
  • Setelah itu, baca cara penggunaan yang sesuai dengan yang ada pada kemasan. Sebab, seringkali cara penggunaanya berbeda antara satu tespek dengan tespek lainnya
  • Diuji pada urin pertama yang keluar
  • Tunggulah waktu tes sesuai dengan waktu yang tertulis pada petunjuk penggunaan
  • Hasil positif akan menunjukkan dua garis merah sedangkan hasil negatif hanya satu garis merah saja
  • Jika hasil negatif namun tidak kunjung menstruasi, segera lakukan pengecekan ke dokter.

Cukup mudah bukan? Intinya adalah dalam menggunakan tespek Anda harus mengikuti aura dari masing-masing tespek yang digunakan. Hal ini penting untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan terpercaya.

Baca Juga :  Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Mom Ketahui

Leave a Reply