Cara Memperbanyak Asi Pada Ibu Menyusui Paling Mudah

cara memperbanyak asi

Para ibu menyusui sudah pasti sering mengalami masalah seperti kurangnya produksi pada asi. Sayangnya, tidak semua ibu menyusui mengetahui cara memperbanyak asi secara alami. Padahal, tubuh wanita khususnya ibu menyusui dapat secara alami memproduksi asi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan si buah hati.

  • Perbanyak minum air putih

Cara memperbanyak asi yang pertama adalah dengan mengonsumsi air putih bisa membantu memperbanyak asi untuk ibu menyusui dan juga membantu melancarkan proses produksi pada asi. Asi tentu saja berbahan dasar air, jadi ibu menyusui di sarankan untuk memperbanyak minum air putih agar asi menjadi lancar, kental, berkualitas, dan melimpah saat melahirkan. Paling tidak Anda meminum air putih sebanyak 10-12 gelas dalam sehari.

  • Sering-seringlah memberikan asi

Selain meminum air putih, Anda juga harus aktif dalam memberikan asi kepada si buah hati dalam kurun waktu kisaran 2-3 jam sekali. Agar asi yang di hasilkan lancar dan kental. Yang pasti adalah cara memperbanyak asi ini tidak di lakukan dengan sia-sia. Payudara Anda adalah pabriknya asi bagi si kecil dan harus terus menerus di rangsang agar asi bisa terus di produksi.

  • Berpindah payudara saat menyusui

Cara memperbanyak asi  yang ketiga adalah dengan cara bergantian dari payudara satu ke satunya lagi. Ini bertujuan untuk memperbanyak asi, susui si buah hati hingga payudara terasa kosong. Lalu pindahlah ke payudara yang masih dengan asi.

  • Pijat dan bersihkan payudara

Cara memperbanyak asi pada ibu menyusui adalah dengan memijat payudara sebagai berikut:

    • Lakukan pemanasan dengan menghangatkan payudara dengan handuk hangat selama 2 menit dengan pengulangan sebanyak 4-5 kali.
    • Mulai pijat puting Anda dengan perlahan dari atas ke bawah.
    • Di bagian areola, pijat perlahan ke atas dan ke bawah dari kanan ke kiri, sebanyak 5-6 kali.
    • Terakhir, buah payudara di pijat melingkar mengikuti bentuk payudara sebanyak 5-6 kali. Lalu, pijat melingkar dan spiral ke arah areola sebanyak 3-4 kali. Lakukan pijatan tersebut untuk masing-masing payudara.

Untuk cara memperbanyak asi dengan langkah pembersihan payudara, ingat untuk tidak menyabuni bagian puting dan areola. Sebab, ini untuk menghindari keadaan kering dan kaku pada saat sedang menyusui.

  • Hindari penggunaan Dot pada si kecil

cara memperbanyak asi

Ketik bayi Anda di biasakan menghisap susu dari dot, maka biasanya bayi akan menolak ketika di susui langsung melalui sumbernya yaitu payudara Anda. Mengapa demikian? Sebab penggunaan dot jauh lebih mudah saat mengeluarkan susu dari botol dot tersebut. Dari oada bayi menyusui secara alami melalui payudara Anda. Maka dari itu cara memperbanyak asi  yang satu ini lebih baik di hindari sebelum si kecil mulai terbiasa.

  • Makan-makanan yang bisa memperbanyak asi

Cara memperbanyak asi selanjutnya adalah dengan memilih makanan yang pas agar bisa membantu cara memperbanyak asi. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk jumlah makanan seberapa banyak, sebaiknya jangan Anda batasi. Sebab, ibu menyusui akan lebih cepat lapar jika si kecil sudah menyusu. Dan Anda juga bisa menambahkan makanan seperti daun katuk dan daun pepaya bila Anda suka. Karena daun katuk dan daun pepaya ini juga bisa membantu cara memperbanyak asi.

  • Suplemen penambah asi

Nah, suplemen penambah asi ini boleh saja di gunakan, tapi jika memang benar-benar di perlukan saja. Bentuk suplemen ini pun bermacam-macam bisa seperti herbal, teh, pelancar asi kaplet, dan lain sebagainya. Dan pastikan jika Anda ingin menggunakan ini, Anda sudah berkonsultasi dengan dokter tentang suplemen penambah asi seperti yang ingin Anda konsumsi. Ini juga bisa menjadi salah satu cara memperbanyak asi pada ibu menyusui.

Oke, ini adalah bagaimana cara memperbanyak asi dengan cara paling mudah. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga :  Rayakan Hari Ibu dengan Membuat Puisi Hari Ibu!

Leave a Reply