Bayi Susah Tidur Di Malam Hari, Ketahui Beberapa Penyebabnya

bayi susah tidur

Orang tua mana yang tak uring-uringan saat bayinya rewel semalaman dan tak tidur barang sekejap pun? Bayi susah tidur di malam hari ini menjadi salah satu penyebab baby blues pada ibu baru makin meningkat. Di saat tubuh ibu masih lemah usai melahirkan, harus berhadapan dengan kenyataan bahwa si kecil terus terjaga sepanjang malam. Apalagi kalau suami yang diharapkan bisa membantu ternyata malah dengan nyenyak tidur terlebih dahulu.

Well, untuk mengatasi masalah  bayi susah tidur ini, maka Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa yang menyebabkan si kecil terus terjaga sepanjang malam. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi. Yuk, simak informasinya berikut ini mengapa bayi sering susah tidur di malam hari:

Jam biologisnya belum teratur

Setiap manusia memiliki yang namanya sistem sikardian alias jam biologis yang mengatur kapan harus bangun dan kapan harus tidur. Tak heran kalau Anda pun akan merasa mengantuk di jam-jam yang sama setiap harinya, meski sudah minum kopi sekalipun. Sebab sistem sikardian Anda sudah berfungsi dengan baik dan terus melakukan pola yang sama selama waktu yang lama. Nah, pada bayi baru lahir, jam biologis ini belum terbentuk. Ia pun kadang bangun di tengah malam dan malah terlelap di pagi hari. Tapi jangan khawatir, sebab fase ini akan berlalu dalam 3 bulan atau bahkan mungkin lebih cepat dari itu. Jadi bayi yang susah tidur di malam hari tidak selalu karena ada masalah pada tubuh atau kesehatannya.

Merasa lapar

Jangan samakan bayi dengan Anda yang bisa tertidur dengan lelap meski tengah lapar. Bayi yang baru lahir akan membakar energi dengan sangat cepat dikarenakan ia berada dalam masa pertumbuhan. Maka dari itu jangan heran kalau meski sebelum tidur sudah minum susu, bayi akan terbangun sampai beberapa kali di tengah malam untuk meminta susu. Jadi ketika bayi tiba-tiba terbangun dan menangis, jangan panik terlebih dahulu. Cobalah untuk memberikannya susu. Jika ia menolak dan tetap menangis, maka kemungkinan besar popoknya penuh dan sudah waktunya diganti karena menimbulkan rasa tidak nyaman.

Baca Juga :  Rayakan Hari Ibu dengan Membuat Puisi Hari Ibu!

Terlalu kelelahan di siang hari

bayi susah tidur

Banyak yang beranggapan kalau bayi diajak main seharian dan tidak tidur siang, maka ia akan bisa tidur nyenyak di malam hari. Kenyataannya justru sebaliknya, saat bayi merasa terlalu lelah, maka ia akan susah tidur di malam hari dan menjadi rewel. Hal ini sebenarnya hampir sama dengan orang dewasa yang kelelahan dan badannya pegal semua, maka di malam hari ia juga akan susah tidur karena tubuh terasa terlalu lelah dan kurang nyaman. Maka dari itu, jangan menghalangi bayi untuk tidur siang. Memang sudah menjadi fasenya kalau dalam sehari ia lebih banyak tidur dibandingkan beraktivitas seperti halnya orang dewasa.

Ada suara mengagetkan

Untuk bisa tidur dengan nyenyak, bayi membutuhkan ketenangan. Jadi saat menidurkan si kecil pastikan Anda sudah mengecilkan suara televisi dan mengubah smartphone ke mode diam. Ada suara sedikit saja bisa membangunkan bayi dan ia pun akan kesulitan untuk tidur kembali. Jadilah Anda harus menemaninya sepanjang malam. Tak jarang karena kaget bayi juga akan menangis dengan keras dan susah untuk dihentikan atau ditidurkan kembali seperti sedia kala.

Leave a Reply