ASI Ekslusif dan Cara Memperbanyak ASI

asi ekslusif

ASI atau Air Susu Ibu merupakan salah satu makanan penting bagi bayi. Bayi yang baru lahir harus diberikan ASI ekslusif karena memberikan banyak sekali manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh bayi serta memberikan asupan nutrisi kepada bayi supaya tidak mudah terserang penyakit. Ada banyak cara untuk meningkatkan produksi ASI dengan cara mengkonsumsi makanan untuk memperbanyak ASI. Mengkonsumsi makanan penambah ASI sangat penting untuk ibu yang sedang menyusui.

Makanan untuk Memperlancar ASI

Beberapa makanan berikut ini adalah makanan yang harus ibu konsumsi supaya bisa memberikan asi yang banyak kepada si kecil.

  • Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI. Kacang hijau mengandung Vitamin B1 yang sangat tinggi serta protein, zat besi yang tinggi pula. Selain terdapat tingginya kandungan tersebut, salah satu kandungan yang sangat baik untuk ibu menyusui yaitu asa, folat. Misalnya saja, seorang ibu hamil dan menyusui mengkonsumsi susu ibu menyusui atau ibu hamil tentu harus mencari yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat bisa memperlancar produksi ASI. Kadang hijau sangat baik untuk ibu menyusui karena mengandung asam folat yang merupakan kandungan makanan untuk memperbanyak ASI.

  • Bayam

Mengkonsumsi sayuran hijau sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui. Bayam sebagai salah satu makanan untuk memperbanyak ASI mengandung banyak sekali Zinc atau zat besi yang mana kandungan ini bisa meningkatkan darah untuk si ibu. Mengkonsumsi bayam tentu sangatlah membantu masa recovery setelah melahirkan. Karena HB ibu bisa saja turun sehingga membutuhkan asupan Zinc yang cukup banyak. Kandungan zat besi atau Zinc tidak hanya baik untuk ibu menyusui saja. Kandungan ini sangatlah baik untuk si jabang bayi. Karena kandungan ini nantinya bisa meningkatkan imun si kecil. Sehingga ibu yang memberikan asiekslusif kepada si kecil, maka Ia tidak mudah sakit.

  • Pare
Baca Juga :  Appeton Weight Gain for Child, Susu Penggemuk Badan Anak Remaja dan Balita

Dibalik rasanya yang tidak enak dan cenderung pahit, pare memiliki kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI. Sama seperti sayuran bayam, pare juga mengandung banyak zat besi sehingga bisa membantu menjaga kualitas ASI. Selain itu, bagi para ibu menyusui yang memiliki riwayat penyakit beresiko tinggi seperti diabetes maupun darah tinggi, pare bisa menjadi salah satu makanan yang bisa membantu menormalkan kadar gula dalam darah. Meskipun rasanya cukup pahit, namun Anda tidak perlu khawatir karena si kecil tidak akan merasakan pahit saat mengkonsumsi ASI ekslusif.

  • Sup Daging atau Ayam

Selain mengkonsumsi aneka sayuran diatas, terdapat juga makanan untuk memperbanyak ASI yaitu dengan mengkonsumsi sup daging atau ayam. Daging sapi maupun daging ayam bisa meningkatkan produksi ASI karena mengandung tinggi protein. Selain itu, protein juga memiliki khasiat untuk membuat ibu merasa kenyang lebih lama. Sehingga tenaga ibu masih selalu terjaga meskipun harus memberikan ASI ekslusif kepada si jabang bayi.

Nah, itulah beberapa makanan dan sayuran yang wajib di konsumsi oleh ibu hamil maupun ibu menyusui. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan Zinc, asam folat, vitamin B maupun protein yang tinggi tidak hanya bisa meningkatkan produksi ASI saja. Bunda juga harus ternutrisi dengan baik sehingga si kecil bisa tumbuh dengan sehat. Sehingga konsumsilah makanan untuk memperbanyak ASI supaya bisa memberikan ASI ekslusif hingga si kecil berusia 2 tahun.

Leave a Reply